Wednesday, May 20, 2015

Cara Budidaya pohon kayu jabon

Cara Budidaya pohon kayu jabon, indonesia sangat menggalakan penghijauan bahkan menganjurkan sejuta pohon , dalam artian apabila setiap satu keluarga menanam hanya satu pohon misal kayu jabon maka dalam hitungan 5 - 6 tahun akan terdapat berjuta juta pohon, akan save dunia ini dalam kekeringan. begitulah prediksinya, tetapi bagaimana dengan anda yang ingin menanam pohon kayu untuk kebutuhan comersil atau bisnis. seperti apa tip dan triknya !

Pohon kayu jabon sangat mudah di tanam bahkan dengan pengalaman yang minim pun pohon tersebut bisa tumbuh yang penting saat penanaman saat kecil tetap di tanan, jadi pasti hidup tidak sukar bukan tetapi alangkah baiknya anda sedikit menggunakan side plan dalam menanam untuk meringankan beban kita sebagai petani bila kita menanam dalam kapasita banyak !

Kayu Jabon 4 tahun


Tip Budi daya jabon kali ini mungkin sangat beda , berdasarkan pengalaman yang saya lakukan bersyukur semuanya tumbuh 95%

1. Pastikan anda tahu kapan musim hujan akan tiba... perkiraan saja maka 1 bulan atau 2 bulan lakukan lah - ciri ciri musim hujan akan tiba...saat anda melihat sudah mulai turun hujan sekali walaupun sebentar, karena perkiraan calender bisa saja meleset, karena alam tidak bisa kita tebak dengan tepat sekali, hindari menanam saat musim hujan, bisa bisa banyak yang mati ! karena kebanyaan air.

2. Saat Penanaman 2 bulan sebelum musin hujan - kita melakukan pemupukan seminggu dari mulai tanam - 3 minggu dan  2 bulan ... kemudian lakukan perawatan berkala hingga 2 tahun min ...ketika kita melakukan perawatan bayi pohon jabon berarti kita memberikan pasokan air dan pupuk pada sang pohon, saat itu belum musin hujan,, nah pada saat musim hujan tiba katakan 2 bulan atau 3 bulan setelah penanaman maka kesuburan tanah mulai terjadi dengan significan, setidaknya hujan akan terjadi 1 minggu 2 kali dan seterusnya. kami melakukan hal seperti ini ... hasilnya sekarang sudah besar. cuman pembelinya sedikit susah di cari.

3. Perawatan berkala setelah dua tahun tidak terlalu sulit mungkin pembersihan rumput di sekeliling pohon dan pemotongan daun ...setelah 2 tahun anda akan melihat kecepatan tumbuh setiap musim hujan tiba.

Tips ini berdasarkan pengalaman yang saya lakukan, belum tentu sesuai dengan iolmu pertanian, kenyataan dilapangan ilmu pertanian yang di pelajari selalu ke belakang, dengan teori yang membutuhkan nilai pengeluaran yang besar. lakukanlah dengan keyakinan dan semangat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan  dan aturan mainnya sudah ditentukan, tanah memberikan musim ...saat musim durian maka semua durian yang sudah dewasa akan berbuah..begitu pula musim mangga,,, anda bisa membaca maksud saya buakan ? ...jadi kalau kayu tidak ada musim yang ada tumbuh dan semakin menghijaukan alam...

Kami komunitas jabon kecil di Bali sering mengeluh hanya satu hal... siapa yang mau beli jabon kami dengan harga yang wajar ?...karena sampai sekarang pohon jabon kami masih kurang pembeli..kecuali dilempar ke makelar atau tengkulak yang membunuh petani... Pemerintah tolong di perhatikan karena petani akan mati bahkan tidak ada bila pihak ketiga tidak di ambil alih oleh pemerintah maka apalah jadinya,,,dan siapa yang mau bertani ...mengikuti saran pemerintah..yang gembar gembor tingkatkan taraf hidup petani...Petani memang orang kecil tetapi akan mati bila diperas dengan harga yang terlalu murah...mau tidak mau harus di jual...sangat di sayangkan tidak sesuai dengan perjuangan...

Prinsip ekonomi banyak barang harga makin murah...barang langka akan lebih mahal...saya kira bila kita kekurangan beras sekarang ini, karena petani mungkin enggan menjual dan disimpan untuk digunakan. !  transaksi jual beli dengan harga murah tidak bisa diikuti. kecuali butuh dana !.

No comments:

Post a Comment